Senin, 21 Mei 2012

Menginstall Driver VGA NVidia di Ubuntu 10.04 dan BackTrack 5

Umumnya untuk laptop/notebook os windows sudah disertakan cd driver-nya, tetapi bagi os linux mesti nyari sendiri. Ini yang agak repot dan itu terjadi pada notebook saya. Jenis notebook saya adalah Asus A43S dengan cpu: Intel Pentium B940, 2.0Ghz, memory: 2GB dengan driver grafis NVIDIA GT 520M Cuda 512MB.
Tulisan ini sebenarnya membahas cara memasang atau install driver nvidia geforce 520M pada Ubuntu 11.04/BackTrack 5, tetapi dapat juga diterapkan pada produk nvidia geforce yang lain.

Berikut ini langkah-langkahnya: 
NB : pada BackTrack 5, apabila anda masuk sebagai root, maka perintah "sudo" tidak usah dipakai.
  1. Download driver VGA anda disini. Untuk mengetahui tipe VGA anda, bisa dengan mengetikkan perintah: lspci -nn | grep VGA.
  2. Setelah selesai download, masuk ke folder dimana file driver tadi disimpan menggunakan terminal/console. (misal, saya menyimpannya di folder "home", maka ketik perintah: cd /home. enter)
  3. Ketik berikut utk mengubah moderasi: chmod +x *.run (*.run adalah nama file driver nvidia linux-nya). Contoh: chmod +x NVIDIA-Linux-x86-275.21.run.
  4. Matikan x server gdm dengan perintah:  sudo service gdm stop (ingat setelah perintah ini maka mode grafis akan menjadi mode teks, jangan panik. Sebaiknya sebelum masuk mode teks, catat dulu script perintahnya jika tidak hafal). Langsung lakukan langkah berikutnya.
  5. Tekan Alt + F1.
  6. Login.
  7. Masih di folder di mana driver nvidia disimpan, ketik: ls untuk mengetahui daftar nama file dan folder. Kemudian ketik: sudo sh *.run -q  (*.run adalah nama file driver nvidia linux-nya). Sebagai contoh: sudo sh NVIDIA-Linux-x86-275.21.run -q. Ikuti prosedurnya sampai selesai.
  8. Setelah ada keterangan sukses, ketik perintah berikut:  sudo service gdm start.
  9. Jika masih ada error, ketik: sudo nvidia-xconfig.
  10. Supaya yakin laptop di-restart, dengan mengetikkan perintah: sudo reboot.
  11. VGA Nvidia anda berhasil terinstall. 
Untuk tutorial selanjutnya, akan saya share cara menginstall efek Compiz pada ubuntu 10.04 / BackTrack 5.

Selamat mencoba dan semoga berhasil !! 

1 komentar: